Pimpinan Komisi IX DPR: Kesehatan dan Gizi Anak Perlu Perhatian Khusus

Agustus 16, 2017 Mankoz 0 Comments

Ocito Site - Wakil Ketua Komisi IX DPE, Saleh Partaonan Daulay menilai, kesehatan anak-anak menjadi aspek yang perlu dijadikan fokus pemerintah.

Kesehatan dan Gizi Anak
Ilustrasi
Ia berharap, di Hari Anak Nasional yang jatuh pada hari ini, Minggu (23/7/2017), tumbuh kembang anak Indonesia menjadi lebih baik.

"Mutu kesehatan anak merupakan salah satu aspek yang menjadi fokus perhatian Komisi IX," ujar Saleh melalui keterangan tertulis, Minggu.

Baca juga: Hari Anak Nasional, 930 Napi Anak Mendapat Remisi

Kesehatan anak juga berkesinambungan dengan kesehatan ibu, sehingga hal tersebut seringkali ditanyakan oleh Komisi IX kepada Kementerian Kesehatan dalam beberapa kesempatan.

Saleh menyampaikan, kesehatan ibu dan anak merupakan salah satu faktor fundamental dalam mengukur keberhasilan pemerintah dalam bidang pembangunan kesehatan.

Pemerintah diminta untuk fokus pada kesehatan ibu hamil dan menyusui serta gizi anak di seluruh penjuru tanah air. Termasuk pemberian vaksin secara lengkap bagi anak balita dan program-program lainnya.

Hal itu, menurutnya, tak boleh dianggap remeh oleh pemerintah.

"Persoalannya, program-program itu dinilai belum menyentuh secara merata ke berbagai daerah," tutur politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu.

Pemerintah juga diminta untuk membuat peta rawan gizi anak untuk memastikan program pemerintah berjalan hingga ke daerah pinggiran.

"Tidak boleh lagi ada persoalan gizi buruk yang menimpa anak-anak Indonesia," kata Saleh.

Baca juga: Jurus Relawan Merangkul Anak Jalanan agar Mau Belajar

Koordinasi antar kementerian dan lembaga terkait perlu dilakukan secara terus menerus agar pemetaan dan penyelesaian masalah kesehatan anak dapat dilaksanakan dengan baik.

0 komentar: